Internasionalisasi Perlu Dicermati Secara Terbuka


Internasionalisasi pendidikan tinggi (higher education) harus dicermati dengan tangan terbuka, namun tetap hati-hati dan diperhitungkan secara matang agar justeru tidak menimbulkan kerugian, melainkan manfaat yang besar bagi ilmu pengetahuan, pembangunan sosial dan ekonomi, serta masa depan bangsa anak-anak bangsa.

Dari sisi SDM profesor kita banyak dan bagus-bagus untuk bersaing dengan pihak manapun.
— Sudjarwadi

Demikian diungkapkan Rektor Universitas Gadjah Mada (UGM) Sudjarwadi seusai pelaksanaan Konferensi Pendidikan Internasional ‘Going Global 4’ di Queen Elizabeth II Center, London, Jumat (26/3/2010) sore. Sudjarwadi mengatakan, melalui konferensi tersebut negara-negara Eropa, khususnya Inggris, sedang berusaha memetakan potensi Indonesia, sehingga saat ini tinggal kesiapan Indonesia yang diperlukan dalam menghadapi pelaksanaan kolaborasi pendidikan tinggi secara internasional tersebut secara maksimal.

“Dengan menyiapkan beragam tema konferensi ini mereka sebetulnya tengah berbelanja banyak informasi tentang kita dan negara-negara berkembang lainnya, artinya pemetaan itu sedang mereka lakukan. Sebaliknya, bagi kita sendiri, harus bisa menangkap peluang itu dengan menyiapkan strateginya,” ujar Sudjarwadi.

Strategi itu, lanjut Rektor, harus dikaitkan dengan potensi Sumber Daya Alam dan Sumber Daya Manusia Indonesia, yang sebetulnya tidak kalah dengan pihak manapun. Hanya saja, kedua sumber daya itu selama ini belum termanfaatkan dengan baik dan maksimal.

“Dari sisi SDM profesor kita banyak dan bagus-bagus untuk bersaing dengan pihak manapun, bahkan mahasiswa kita pun punya prestasi di mana-mana dalam tingkatan internasional. Sebaliknya, dari sisi SDA kita punya banyak gunung berapi atau beragam kebutuhan data terkait iklim tropis kita yang tidak mereka miliki,” ujarnya.

Harus diakui, kata Sudjarwadi, Indonesia memang tidak punya dana. Tetapi, potensi-potensi tersebut harusnya bisa dijadikan Indonesia bargaining untuk ditawarkan pada pihak asing.

“Hanya saja, harus hati-hati supaya tidak terjerumus dalam kerugian sebab selama ini SDA kita sudah banyak diolah pihak luar, sementara SDM-nya justeru mereka jadikan pasar,” tambah Sudjarwadi.

University of Buckingham, Kampus Swasta Nomor Satu di Inggris?

Inilah satu-satunya universitas swasta Inggris yang terpilih sebagai institusi pendidikan nomor 1 pada 2006 versi National Student Survey yang digagas oleh the Government’s Higher Education and Funding Council of England (HEFCE).

Saat ini, terdapat 11.000 mahasiswa tengah belajar disini dengan Teknologi Informasi sebagai bidang studi unggulannya. Menariknya, Kota Buckingham dikitari banyak gedung-gedung bersejarah, salah satunya gedung Old Gaol yang kini diubah menjadi sebuah museum lokal. Atau, The Silverstone Race Circuit sebagai “The home of British Formula One”, yang selalu sibuk sepanjang tahun. Profil menarik kampus ini dapat dilihat di www.buckingham.ac.uk.

University of Birmingham, Favorit Kedua Pelajar Indonesia

Pada tahun ajaran 2008/2009 lalu, kampus ini menempati posisi kedua terfavorit pilihan pelajar dari Indonesia di bawah University of Manchester. Berdiri pada 1825, University of Birmingham memiliki bidang studi unggulan dan terbaiknya di bidang Science, Engineering, Health Sciences, Business dan Humanities.

Sebagai salah satu “kampus internasional” terbesar di Inggris, kampus ini memiliki 145.000 siswa dari 190 negara di dunia dan menjadi sebuah persinggahan para calon-calon profesional muda. Asyiknya, ketekunan mereka belajar di sini bisa diselingi dengan mengunjungi beberapa tempat favorit seperti The Mailbox, Bullring, Bustling Market, Soho House, atau Custard Factory. Profil kampus ini bisa disimak di www.bham.ac.uk.

(sumber: kompas)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: