Jual Matahari, MPPA Masuk ‘Creditwatch’


Nurul Qomariyah – detikFinance

Jakarta – Lembaga pemeringkat, Pefindo menempatkan obligasi III/2009 PT Matahari Putra Prima Tbk (MPPA) senilai Rp 302 miliar dan Sukuk Ijaran II-2009 senilai Rp 226 miliar yang berperingkat ‘A+’ pada ‘Creditwatch’ dengan implikasi negatif.

Hal itu dilakukan setelah MPPA menjual PT Matahari Department Store Tbk (MDS) ke CVC Capital Partners (CVC) melalui Meadow Asia Company Ltd (MAC) senilai Rp 7,2 triliun.

“Creditwatch diberikan untuk mengindikasikan kemungkinan penurunan profil kredit MPPA setelah divestasi unit bisnis utama,” jelas analis dari Pefindo, Vonny Widjaja dalam siaran persnya, Senin (15/2/2010).

Per 30 September 2009, MDS memberikan kontribusi lebih dari 50% dari total pendapatan MPPA dan 70% laba usaha sebelum depresiasi dan amortisasi. Pefindo memperkirakan profil bisnis MPPA akan melemah karena perseroan hanya akan mengandalkan bisnis yang berkaitan dengan makanan yang memberikan marjin yang cukup tipis walaupun memiliki perputaran penjualan yang tinggi.

“Namun profil risiko keuangan perusahaan akan sangat dipengaruhi oleh keputusan perusahaan untuk menggunakan dana kas yang besar yang diperoleh dari divestasi,” imbuh Vonny.

Bila rencana perusahaan untuk mengggunakan sebagian besar dari dana tersebut untuk membayar utang dapat terealisasi, maka perseroan bisa memperbaiki leverage keuangan dan menghemat biaya bunga yang besar.

Seperti diketahui, pada 23 Januari 2010 lalu, MPPA dan MAC telah menandatangani perjanjian jual beli. MPPA menjual 90,76% kepemilikan di MDS dengan harga Rp 2.705,33 per saham. MPPA akan mempertahankan kepemilikan tidak langsung di MDS dengan memiliki sekitar 20% saham MAC.

MPPA merupakan perusahaan ritel terbesar dengan sasaran pelanggan kelas menengah ke atas. Pada akhir 2009, MPPA mengoperasikan 87 MDS, 26 Foodmart, 46 Hypermart, 54 Boston HBC Center, 16 Times Book Store, 72 Gerai TimeZone. Per 30 September 2009, pemegang saham MPPA adalah PT Multipolar Corporation Tbk dengan kepemilikan 50,0653% dan PT Star Pacific Tbk yang sebelumnya dikenal dengan nama PT Lippo E-Net Tbk (6,7922%).

“Pefindo akan terus memantau perkembangan rencana divestasi dan penggunaan dana hasil divestasi tersebut pada keseluruhan kinerja bisnis dan keuangan MPPA di masa mendatang,” jelas Vonny. (qom/dnl)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: