Aplikasi Facebook Bermasalah di BlackBerry


Tampilan Baru Facebook

Tampilan Baru Facebook

PALO ALTO, KOMPAS.com — Memasuki usianya ketujuh tahun, Facebook memberikan kejutan kepada para penggunanya dengan perubahan tampilan. Facebook mengatakan, desain baru menyediakan navigasi yang lebih enak untuk melihat-lihat hal baru.

“Hari ini, kami mulai melakukan perubahan navigasi terbaru untuk membantu Anda menemukan apa yang dicari di Facebook. Sekarang dari kiri atas menu Anda bisa dengan cepat mendapatkan yang paling baru dan penting,” ujar Jing Chen, insinyur Facebook, dalam blog perusahaan, Jumat (5/2/2010).

Peringatan di atas

Ia menjelaskan tiga perubahan utama navigasi baru ini. Pertama, navigasi yang baru memastikan pengguna selalu update dari baris teratas.

“Jika Anda menerima notification Facebook, misalnya, seseorang menulis di Wall atau ngetag foto, Anda akan melihat tombol berwarna merah di pojok kiri atas dekat kotak pencarian,” jelas Jing Chen. Jika di-klik akan muncul Drop Down Menu.

Sementara itu, link ke halaman profil akan diletakkan di kanan atas menjadi satu dengan menu Account. Termasuk di dalamnya fitur untuk mengatur privasi dan log out.

Menu konten di kiri

Perubahan kedua, semua konten kini bisa diakses melalui menu terurut di bagian paling kiri. Jika pengguna biasa menggunakan sistem folder di komputer Windows, pola seperti ini sangat membantu karena familiar.

“Menu di kiri dikumpulkan agar mempermudah Anda berkomunikasi dan menemukan konten dari teman. Anda kini bisa mengakses pesan dan fitur utama lainnya dari satu tempat, dari sebelah kiri News Feed,” urai Chen.

Dari menu foto, pengguna dapat melihat daftar foto terbaru teman-temannya. Dari menu kegiatan bisa melihat agenda yang akan datang. Dari menu teman bisa mencari teman, perubahan profil yang dilakukan teman, dan melakukan filter News Feed.

Berbagi info “game” dan aplikasi

“Kami juga membuat kali ini lebih mudah bagi Anda untuk menemukan dan berinteraksi dengan aplikasi dan menemukan yang baru melalui menu Applications and Games,” tulis Chen.

Menu tersebut akan memperlihatkan game-game yang dimainkan pengguna Facebook, game-game yang sedang dimainkan teman. Aplikasi favorit juga bisa dipilih agar muncul di menu kiri sehingga lebih mudah diakses.

Jika tak ingin apa yang Anda lakukan diketahui semua orang atau teman, semuanya bisa diatur melalui Privacy Setting. Kalau masih bingung dengan desain baru, Facebook menyediakan Site Tour.

WAH

JAKARTA, KOMPAS.com — Pengguna Facebook yang selama ini mengakses lewat aplikasi BlackBerry mengeluhkan akses yang sering kali gagal. Hal tersebut disampaikan banyak pengguna, Kamis (11/2/2010). Salah satu pengguna mengatakan, masalah tersebut mulai dirasakan sejak Rabu (10/2/2010) kemarin.

Saat membuka aplikasi Facebook, semua menu kosong. Tidak ada aliran informasi yang masuk ketika melakukan reload. Begitu juga untuk menu notifikasi. Hal tersebut terjadi tidak lama setelah Facebook melakukan perubahan tampilannya untuk versi web. Meski Facebook sudah melakukannya secara global sejak seminggu yang lalu, pengguna di Indonesia baru merasakan dalam beberapa hari terakhir.

Apakah masalah di BlackBerry terkait perubahan ini masih belum dipastikan. Pihak Facebook maupun Research In Motion (RIM), penyedia layanan BlackBerry, belum memberikan penjelasan resmi.

Menjelang pergantian wajah barunya, Facebook versi mobile juga bermasalah. Saat mengakses m.facebook.com update ke Facebook sering kali gagal sehingga pengguna harus berkali-kali melakukan login. Penyebab masalah ini juga tidak diketahui.

Meski demikian, versi mobile Facebook tersebut saat ini sudah berfungsi normal. Buat Anda yag masih gagal akses Facebook lewat aplikasi, versi mobile mungkin bisa jadi alternatif sementara saat ini meski fiturnya terbatas, seperti tak mendukung upload foto.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: