Dominasi China Di Negara-Negara Anggota ASEAN


Ratusan pengunjung mengatre di depan stand Nexian saat Festival Komputer Indonesia 2009 di Jakarta Convention Center (JCC), Kamis (11/6/2009). Mereka rela berdesakkan demi mendapatkan sebuah ponsel terbaru dengan harga murah.

Demikian besar pengaruh pemberlakuan pasar bebas ACFTA akan terjadi di negara-negara anggota ASEAN. China mulai menunjukkan bagaimana kuatnya negara tirai bambu ini. Tidak sulit untuk diprediksi, bahwa suatu saat China akan menjadi sebuah negara adi daya seperti Amerika Serikat.  Dan sebagai langkah awal, secara nyata China mulai menguasai negara-negara anggota ASEAN melalui dominasinya di bidang perdagangan. Sungguh suatu kemajuan yang tidak bisa diimbangi oleh negara lainnya. Pertumbuhan yang demikian besar dalam suatu negara hanya dalam 10 tahun terakhir ini.

Apakah dominasi ini akan berlanjut di bidang lainnya? Bisa diprediksi bahwa setelah berhasil dengan langkah awalnya di bidang perdagangan akan ada langkah berikutnya dalam bidang lain. Amerika Serikat sebagai negara adi kuasa satu-satunya pada saat ini, terlihat begitu kuatir akan pertumbuhan China yang begitu pesatnya. Lalu bagaimana dengan negara-negara ASEAN yang rata-rata hanyalah sebagai negara yang masih berkembang. Apakah tidak kuatir akan didominasi?

Apakah yang menyebabkan negara-negara ASEAN dengan mudahnya menerima kerjasama di bidang perdagangan ini. Apakah janji-janji yang diberikan oleh China begitu indahnya?

China Akan Segera Menggantikan Posisi Rusia

Jika memang dominasi China ini berhasil, maka bisa dipastikan bahwa China akan menjadi negara adi daya nomor satu di dunia menggantikan Amerika Serikat. Ini merupakan suatu kebanggaan bagi negara-negara di Asia. Dan dalam hal ini China akan segera menggantikan posisi Rusia dahulu sebagai salah satu negara adi daya.

Bagi negara-negara anggota ASEAN seharusnya ini merupakan momentum untuk belajar dari China. Apa saja yang telah dicapai China saat ini begitu membanggakan tapi juga mengkawatirkan. Di satu sisi kita bangga bahwa China sebagai salah satu negara ASIA akan segera menjadi negara adi daya. Sebaliknya mengkawatirkan karena negara-negara ASEAN akan segera menjadi lahan garapan bagi China untuk meraup keuntungan yang sebesar-besarnya.

Cia yo… China!

Salah satu dominasi yang mulai kelihatan di masyarakat Indonesia adalah yel Cia yo (artinya: “semangat”), mulai sering terdengar secara umum. Di salah satu kabupaten di Surabaya pun, sang Bupati sudah mewajibkan bagi anak sekolah untuk belajar bahasa mandarin. Dengan alasan untuk meningkatkan sumber daya manusia di sana. Begitu hebatnya dominasi ini terasa di Indonesia.

Lantas kapan negara kita maju, kalau setiap hari yang muncul dalam berita media melulu tentang korupsi, kisruh politik dan demonstrasi. Apa jadinya negara ini?

//

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: