Demonstrasi 100 Hari Kinerja Pemerintah


Pernyataan Sikap Presiden Terhadap 100 Hari Kinerja Pemerintahannya.

Hari ini terjadi demonstrasi besar-besaran untuk menyikapi bagaimana buruknya kinerja pemerintahan Presiden SBY dalam 100 hari kerja. Namun, pada saat demonstrasi terjadi di istana negara, Presiden SBY sedang berada di Banten dalam rangka meresmikan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Labuan, Kabupaten Pandeglang. Dalam pidatonya Presiden SBY membeberkan sebagian keberhasilan yang telah dicapai pemerintah dalam program 100 hari pertama. “Saatnya nanti dalam waktu dekat pemerintah akan menjelaskan apa yang telah dicapai dalam 100 hari. Akan benar-benar dijelaskan ini yang bagus, ini yang belum. Silakan rakyat cek ke seluruh Indonesia, apa pemerintah benar apa adanya,” ujarnya.

Presiden mengingatkan masyarakat untuk terlebih dahulu memahami program kerja 100 hari pertama pemerintah sebelum menyampaikan kritik. Ia menjelaskan, program 100 hari bukan sesuatu yang luar biasa, melainkan hanya langkah awal bagi pemerintah untuk menentukan arah kerja selama lima tahun mendatang.

Program 100 hari itu terdiri atas 15 program prioritas dari 45 program yang ada beserta 129 rencana aksi. Presiden berharap kritik yang disampaikan relevan dengan program yang telah dirancang pemerintah tersebut.

Kepala Negara juga menjelaskan tiga hal yang ingin dicapai pemerintah dalam program 100 hari, yaitu menghilangkan sumbatan-sumbatan dari program pemerintah yang selama ini macet, mempercepat program yang lambat, serta memperbaiki berbagai aturan mulai dari tingkat peraturan pemerintah hingga keputusan menteri.

“Itulah yang disebut program 100 hari. Kalau mau mengukur keberhasilan, cocokkan, lihat 45 program, 129 rencana aksi tadi,” ujar Presiden.

Presiden Yudhoyono memberikan porsi cukup lama dalam pidatonya untuk membeberkan program 100 hari pemerintah. Ia bahkan telah siap dengan catatan berisi angka-angka rinci.

Di antara yang telah dicapai pemerintah, ia menyebutkan, telah dibentuk satuan tugas pemberantasan mafia hukum yang diberi waktu kerja dua tahun guna membersihkan lembaga peradilan dari praktik-praktik mafia.

Selain itu, pelayanan publik telah diperbaiki dengan cara memperpendek rantai birokrasi sehingga membuat paspor dapat selesai dalam empat hari dan izin usaha dapat dikeluarkan dalam 40 hari.

Presiden menyebutkan, dalam 100 hari pertama pemerintah telah berhasil membangun 1.206 fasilitas air minum di desa-desa sulit air, memulai pembangunan infrastruktur di berbagai daerah, serta memeriksa kelayakan semua bendungan di Tanah Air.

Dalam bidang kesehatan, pemerintah dalam 100 hari pertama telah memperbanyak pemberian jaminan kesehatan masyarakat serta merevitalisasi pusat-pusat pelayanan kesehatan, seperti memberikan biaya operasional kepada 241.000 posyandu di seluruh Indonesia.

Dari sini bisa diambil kesimpulan bahwa masyarakat umum dan para politikus harus lebih banyak belajar tentang bagaimana menjalankan pemerintahan di Indonesia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: