Mahfud MD: Pertemuan Bogor Bukan untuk Antisipasi Impeachment


Jumat, 22/01/2010 10:03 WIB – Muhammad Nur Hayid – detikNews

Jakarta – Pertemuan Presiden SBY dengan para pimpinan lembaga tinggi negara di Bogor tidak dimaksudkan untuk konsolidasi mengantisipasi impeachment atau pemakzulan terhadap presiden dalam kasus bailout Bank Century. Pertemuan hanya untuk berkomunikasi membangun sinergi antar lembaga tinggi negara.

“Tidak ada antisipasi soal impeachment,” ujar Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD saat dihubungi detikcom, Jumat (22/1/2010).

Mahfud yang hadir dalam pertemuan itu tidak membantah jika dalam pertemuan dibicarakan mengenai persoalan impeachment, tetapi pembicaraan hanya sebatas diskusi dalam koridor yang diatur oleh UUD 1945.

“Sejauh menyangkut impeachment, kita hanya berbicara ukuran-ukuran yang ada dalam konstitusi,” tutup Mahfud.

SBY melakukan pertemuan dengan pimpinan lembaga tinggi negara di Istana Bogor pada Kamis kemarin. Hadir dalam pertemuan itu Ketua MA Harifin Tumpa, Ketua Komisi Yudisial M Busyro Muqoddas, Ketua DPR Marzuki Alie, Ketua MPR Taufiq Kiemas, Ketua DPD Irman Gusman, Ketua BPK Hadi Purnomo, Wapres Boediono, dan beberapa orang menteri Kabinet Indonesia Bersatu II.

Seusai rapat SBY sempat menyampaikan bahwa para penyelenggara negara dan lembaga-lembaga negara bersepakat saling bersinergi, saling melengkapi, saling mengontrol, tidak ada abuse of power yang tidak sesuai dengan distribusi otoritas, dan distribusi kewenangan yang diatur dalam UUD atau konstitusi.

Presiden SBY membantah jika pertemuan ini secara spesifik membahas kasus Century. “Pertemuan ini tidak dirancang dengan isu spesifik seperti kasus Century. Kita membahas isu fundamental kehidupan bernegara,” kata SBY.
(did/nrl)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: